Kenyamanan Honda CR-V Gen 1 Berkat Suspensi Sedan
Headnews.id – Honda CR-V generasi pertama, yang diperkenalkan oleh Honda Prospect Motor pada tahun 1995 dan mulai memasuki pasar Indonesia pada tahun 2000, menawarkan kenyamanan berkendara yang mengejutkan. Salah satu faktor utama di balik kenyamanan ini adalah penggunaan suspensi dari sedan Honda.
Berbeda dengan kendaraan SUV lainnya, CR-V generasi pertama mengadopsi suspensi double wishbone di bagian depan dan belakang, yang umum digunakan pada sedan-sedan Honda. Desain ini tidak hanya memberikan kenyamanan saat berkendara, tetapi juga meningkatkan kestabilan, terutama saat berakselerasi atau berbelok. Batang stabilizer yang ditambahkan juga membantu meminimalkan gejala body roll, sehingga pengemudi dapat bermanuver dengan percaya diri, bahkan pada kecepatan tinggi hingga 120 km/jam.
CR-V generasi pertama tersedia dalam dua pilihan penggerak, yaitu 2 roda (2WD) dan 4 roda (4WD). Sistem gerak 4 rodanya, yang dikenal sebagai realtime 4 WD, hanya aktif saat diperlukan, seperti ketika melewati jalan licin atau medan berat. Inovasi ini tidak hanya memberikan traksi yang lebih baik, tetapi juga menghemat bahan bakar dan mengurangi kebisingan serta getaran saat berkendara.
Dari segi performa, Honda Prospect Motor mempercayakan mesin DOHC 2.000 cc dengan 16 katup pada CR-V generasi pertama. Ini adalah tipe DOHC pertama yang diperkenalkan Honda di Indonesia. Untuk versi transmisi otomatis, CR-V dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 14,5 detik, sedangkan model manualnya sedikit lebih cepat.
Dengan kombinasi dari suspensi yang nyaman, desain yang efisien, dan performa yang baik, tidak heran jika Honda CR-V generasi pertama tetap memiliki penggemar hingga kini. Apakah di antara Sobat Otoseken masih ada yang merawat Honda CR-V generasi pertama?